Beranda > Konsultasi > Kencing Manis Menurun?

Kencing Manis Menurun?

Dr Fajar Rudy Qimindra
Dr Umum RS Pertamina balikpapan

Dok, Orang tua saya menderita sakit kencing manis.Kami khawatir bisa menurun penyakit tsb. benarkah penyakit tsb menurun? apa yang harus kami lakukan untuk mencegahnya? terima kasih atas jawabannya

(0542 734xxxx)

Ibu/ Bapak Yang berbahagia, terima kasih atas atensinya.
Penyakit Kencing Manis sudah banyak dikenal masyarakat berdasarkan informasi media massa. Penyakit ini dikenal dalam ilmu kedokteran disebut Diabetes Mellitus. Diabetes berarti ” mengalir terus” dan mellitus berarti ”manis”.Disebut diabetes karena selalu minum terus dalam jumlah yang banyak (polidipsia) yang kemudian mengalir terus berupa air seni yang banyak (poliuria).

Siapa yang memiliki resiko mengidap Penyakit kencing manis?
Penyakit ini kebanyakan adalah penyakit keturunan tetapi bukan penyakit menular. Meskipun demikian, tidaklah berarti apabila kedua orang tuanya mengidap penyakit tersebut langsung menurun kepada anaknya.Sehingga tidak perlu ada kekhawatiran yang berlebihan apabila orang tuanya sakit kencing manis.
Memang apabila dibandingkan dengan orang tua yang normal, penderita kencing manis/diabetisi cenderung mempunyai anak yang menderita penyakit tersebut.
Nah, siapa saja yang mempunyai resiko menderita penyakit kencing manis?
Beberapa diantaranya:
1. kedua orang tuanya mengidap penyakit kencing manis.
2. salah satu orang tuanya atau saudaranya kandungnya mengidap penyakit kencing manis.
3. pernah melahirkan bayi dengan berat lahir lebih dari 4 kg.
4. Hipertensi (≥ 140/ 90 mmHg) , hipercholesterolemia dan sakit jantung
5. BB termasuk katagori gemuk (obesitas)
6. menderita penyakit liver (hati) yang kronik dan berat.
7. dll
Pada keadaan tersebut perlu dilakukan tes penyaring. Tes ini dapat dilakukan melalui pemeriksaan kadar gula(glukosa) darah sewaktu dan puasa, kemudian dapat diikuti tes –tes yang lainnya. Pemeriksaan penyaring ini untuk menemukan apakah pasien menderita kencing manis/ tidak, ataupun hanya menderita toleransi glukosa yang terganggu (TGT) atau glukosa darah puasa yang terganggu (GDPT). Pada dua keadaan yang terakhir disebut prediabetes. Prediabetes ini merupakan tahapan sementara menuju penyakit kencing manis yang benar-benar. Diharapkan apabila sudah terdeteksi dapat dilakukan penangan yang lebih dini.

Terus, Bagaimana cara pencegahannya?
Mencegahan ini diutamakan bagi kelompok yang mempunyai resiko, baik yang belum terkena tetapi berpotensi menjadi pre-diabetes dan diabetes. Memang ada beberapa faktor yang tidak bisa dielakkan seperti orang tua yang menderita kencing manis, umur, tetapi banyak hal lain yang bisa dilakukan pencegahan.
Beberapa hal yang bisa dilakukan seperti; menurunkan berat badan yang berlebih, melakukan aktifitas fisik/OR, mengontrol tekanan darah dan kadar kholesterol, dan diet yang sehat.
Diet sehat ini ditujukan supaya berat badan menjadi ideal dan mengatur jumlah karbohidrat, lemak, protein, serat yang seimbang. Adapun latihan fisik ini bertujusan untuk mengontrol gula darah, menurunkan BB yang berlebih dan meningkatkan kadar kholesterol yang baik ( Kolesterol HDL). latihan ini bisa dilakukan 3-4 kali / minggu.
Semoga Ibu/Bapak bisa melakukan langkah-langkah pencegahan sehingga penyakit kencing manis jadi menjauh.

  1. Agustus 17, 2008 pukul 11:05 pm

    Mas, mo tanya.
    Misalkan kita punya ‘salah satu’ ortu yang kena kencing manis, apa ada cara untuk memastikan klo kita n calon keturunan kita kena kencing manis juga. Aq juga pernah tanya temenQ, katanya pake hukum mendel apa gitu. Tapi sayang, aq nggak mudeng (maklum masih cupu😀 ). Tolong ya mas! Please banget. Klo baca penjelasan di atas, untuk yang faktor keturunan udah nggak bisa dicegah ya? Apa nggak ada cara supaya biar nggak kena?

    • qimindra
      Februari 23, 2010 pukul 4:33 am

      Ok,…jawabannya sudah saya kirim

  2. sogy
    Januari 20, 2009 pukul 8:11 am

    dok..saya punya masalah dengan kesehatan saya yaitu kalo saya sering minum saya langsung buang air kecil padahal belum ada 10 menit. apakah itu termasuk gejala kencing manis…? padahal saya anaknya kurus banget, bukankah penyakit itu rawan di derita orang yang menderita obesitas.. lalu penyakit ini apa namanya…?

  3. riki
    Maret 25, 2009 pukul 2:35 am

    Untuk menambah informasi seputar kencing manis, silahkan klik http://keperawatanjantung.blogspot.com/

  4. fajarqimi
    Maret 13, 2010 pukul 2:00 pm

    tes komentar

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: