Beranda > Bersepeda, CRIPE, Tribun kaltim > Tak Perlu Takut Betis Besar

Tak Perlu Takut Betis Besar


Tribun Kaltim, 17 Februari 2008

Aktivitas olah raga sangat diperlukan untuk menjaga kebugaran tubuh.Tetapi aktivitas tersebut harus ada batasan dan aturannya. Dr Fajar Rudy Qimindra, dari Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB) menjelaskan,”Praktisi kedokteran olah raga menganjurkan olah raga secara teratur 3-4 kali / minggu selama kurang lebih 0,5 jam yang sifatnya CRIPE”.

CRIPE merupakan kependekan dari continuos, rhytmical, interval, progresive dan endurance training. ”Jadi latihan dilakukan terus-menerus tanpa henti, otot- otot berkontraksi dan relaksasi secara teratur, selang- seling antara gerakan cepat dan lambat, berangsur-angsur dari latihan ringan ke latihan yang berat dalam waktu tertentu,” kata Fajar.
Beberapa pilihannya adalah jalan kaki, jogging, lari, renang, dan bersepeda. “Bersepeda sendiri disebut sebagai aktivitas fisik yang murah dan cocok untuk menjaga kesehatan yang bisa dilakukan untuk tujuan kerja, sekolah, dan lainnya,” tuturnya.
Fajar menambahkan, manfaat yang paling terasa dengan bersepeda ini adalah latihan yang lebih intens pada otot-otot kaki dibandingkan bila melakukan jogging ataupun berjalan kaki. Manfaat bersepeda bukan hanya dari segi fisik, namun juga mental. Para peneliti menyatakan bahwa aktivitas olah raga yang terbaik adalah gabungan dari olah raga beban seperti fitness dan olah raga gerak seperti bersepeda.
”Keseimbangan kuantitas dan kualitas dalam melakukan orah raga beban dan olah raga gerak akan menghasilkan pembakaran lemak dan di sisi lain massa otot tubuh bertambah. Tentu saja hal tersebut sangat membantu kita dalam mendapatkan bentuk badan yang ideal,”katanya.
Tapi, kebanyakan genjot, bisa membuat betis besar nggak sih Dok? Ditanya begitu, Fajar Mengatakan,”Itu hanya ketakutan sebagian orang. Bersepeda itu tidak membuat betis membesar..Betis dan paha tampak membesar akibat adanya tumpukan lemak di sana. Cara mengatasinya adalah dengan mengurangi jumlah kalor / makanan yang masuk ke dalam tubuh anda, Sebaiknya,lakukan latihan atau olah raga seperti bersepeda ataupun dengan bersepeda stasioner.” (CPK)
Fajar menegaskan tak perlu ada ketakutan untuk memulai sehat dengan bersepeda.”Ada tiga manfaat sekaligus. Yang pertama badan jadi sehat, hemat, karena tidak perlu beli BBM, dan ketiga menurunkan emisi, ”ucapnya.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: